Giving Cucumber Juice (Cucumis Sativus L) To Reduce Pain In Clients With Hypertension

Authors

  • Dedi Supriadi STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nur Hidayat STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Elis Roslianti STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Nur Ash Shafa Solihah STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.52221/jvnus.v5i1.264

Keywords:

hypertension, cucumber juice, acute pain

Abstract

Tujuan: Studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pemberian jus mentimun untuk mengurangi nyeri pada klien hipertensi

Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan asuhan spesialis yang meliputi asesmen, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi. Studi kasus ini dilakukan di masyarakat sekitar Puskesmas Pamarican. Penelitian dimulai pada bulan Juni 2023 pada tanggal 5-7 Juni 2023 dengan intervensi pemberian jus mentimun yang dilakukan selama 3 hari. fokus intervensi gangguan untuk masalah nyeri utama adalah mempersembahkan jus mentimun. Data objektif dan data subjektif digunakan sebagai acuan secara periodik untuk mendapatkan hasil saat dilakukan intervensi.

Hasil: Dalam studi kasus ini didukung oleh data subjektif dan data objektif. Data subyektif yang didapat adalah pasien mengatakan setelah diberikan intervensi konsumsi jus mentimun selama tiga hari, nyeri di kepala hingga belakang leher sudah berkurang. Sedangkan data objektif yang diperoleh adalah skala nyeri berkurang dari skala 4 (0-10) menjadi skala 2 (0-10).

Kesimpulan: Intervensi pemberian jus mentimun efektif untuk menurunkan nyeri dan efektif untuk menurunkan tekanan darah pada klien hipertensi. dibuktikan dengan perubahan skala nyeri yang menurun secara bertahap setiap hari. Perbaikan optimal terjadi pada hari ketiga dari skala nyeri 3 menjadi skala nyeri 2 (0-10) dan tekanan darah dalam batas normal yaitu 120/80 mmHg.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adegita, A. N., & Lismayanti, L. (2022). Penerapan Jus Mentimun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. HealthCare Nursing Journal, 4(2b), 122–127.

ANDRIYANI, L., Bahri, A. S., & Indriyati, I. (2020). Efektifitas Pemberian Jus Mentimun (Cucumis Sativus L) dan Daun Salam (Eugenia Polyhantha Wight) Terhadap Tingkat Hipertensi di Dusun Gondangsari Jatisrono. Universitas Sahid Surakarta.

Barus, M., Ginting, A., & Turnip, A. J. (2019). Pengaruh Pemberian Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Dusun Iv Tanjung Anom. Jurnal Mutiara Ners, 2(2), 230–237.

Carolin, B. T., Silawati, V., Khoeriah, H. E., & Novelia, S. (2023). Perbandingan Pemberian Labu Siam dan Mentimun terhadap Tekanan Darah pada Ibu Hamil dengan Hipertensi. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 981–990.

Fatonah, E. N. (2019). Aplikasi Pemberian Jus Mentimun Pada Pasien Hipertensi Untuk Menurunkan Tekanan Darah. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Firdanisa, H. (2021). Asuhan Keperawatan Dengan Penerapan Terapi Non farmakologi jus mentimun (cucimis sativus L) terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi berdasarkan literature review-(KTI. 1554). universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Firdanisa, H., Rachmawati, A. S., & Muksin, A. (2021). PENERAPAN TERAPI NON FARMAKOLOGI JUS MENTIMUN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI. Proceeding Book Seminar Nasional Interaktif Dan Publikasi Ilmiah, 1(2), 370–380.

Holiq, L. H., Fatin Lailatul, B., & Wulandari, Y. (2016). PENGARUH PEMBERIAN JUS MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS L) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI DESA TALANG WILAYAH SARONGGI. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kharisna, D., Dewi, W. N., & Lestari, W. (2012). Efektifitas konsumsi jus mentimun terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi. Jurnal Ners Indonesia, 2(2), 124–131.

Sari, A. F. (2022). Penerapan Pemberian Jus Timun Pada Ibu Hamil Dengan Hipertensi Dalam Kehamilan Di PMB Ristiana, S. ST, Lampung Selatan 2022. Poltekkes Tanjungkarang.

Septiara, K. I., & Rudy Alfiyansah, R. (2022). ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN HIPERTENSI PADA NY. Y DENGAN PEMBERIAN JUS MENTIMUN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS TARAGONG. STIKes Karsa Husada Garut.

SRI, H. (2018). PENERAPAN JUS MENTIMUN PADA LANJUT USIA DENGAN TEKANAN DARAH TINGGI DI POSYANDU LANSIA MAWAR DESA BLIMBING KIDUL WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOREKSO KUDUS. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Suhartini, T., & Nuraeni, N. (2022). Penerapan Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi di Wilayah Puskesmas Pembantu Sukamenak. HealthCare Nursing Journal, 4(2b), 32–37.

Published

2023-05-12

How to Cite

Supriadi, D., Hidayat, N., Roslianti, E., & Solihah, N. A. S. (2023). Giving Cucumber Juice (Cucumis Sativus L) To Reduce Pain In Clients With Hypertension. JURNAL VNUS (Vocational Nursing Sciences), 5(1), 18–28. https://doi.org/10.52221/jvnus.v5i1.264

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>