Analisis Faktor Terkait Bayi Berat Lahir Rendah Di Puskesmas Lumbung Kabupaten Ciamis Tahun 2017

Authors

  • Sri Utami Asmarani a:1:{s:5:"en_US";s:27:"STIKes Muhammadiyah Ciamis ";}
  • Diah M Utari STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i1.21

Keywords:

BBLR, Anemia, Kekurangan Energi Kronik

Abstract

Latar Belakang. Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram. Persentase BBLR di Indonesia sebesar 10,2%, di Jawa Barat yaitu 10,8%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian BBLR di Wilayah Kerja Puskesmas Lumbung Kabupaten Ciamis.

Metode. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Lumbung dan sampel sebanyak 165 orang dengan uji hipotesis dua populasi. Analisis data dilakukan secara analisis multivariat dengan regresi logistik ganda.

Hasil. Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang melahirkan BBLR sebesar 27,9%. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian BBLR adalah umur, pekerjaan, pendidikan, paritas, jarak kelahiran, status anemia trimester 1, status anemia trimester 3, kekurangan energi kronik (KEK), tinggi badan, kenaikan berat badan sebelum dan selama hamil, kunjungan ulang pemeriksaan kehamilan (p value <0,05).

Simpulan. Faktor yang dominan berhubungan dengan kejadian BBLR adalah KEK, pekerjaan, pendidikan, status anemia trimester 3 dan umur. KEK merupakan variabel paling dominan. Petugas kesehatan terutama bidan yang bertugas di wilayah kerja Puskesmas Lumbung harus lebih meningkatkan program penyuluhan terkait BBLR dan melakukan pemantauan LILA pada saat pertama kali ibu memeriksakan kehamilannya.

Published

2022-03-17

How to Cite

Asmarani, S. . U., & Utari, D. M. (2022). Analisis Faktor Terkait Bayi Berat Lahir Rendah Di Puskesmas Lumbung Kabupaten Ciamis Tahun 2017. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 5(1), 27–38. https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i1.21

Issue

Section

Articles