Author Guidlines

SUBMISSION PROCEDUR

Tolong baca baik-baik kebijakan sistem penerbitan jurnal Kesehatan STIKes Muhamamdiyah Ciamis. Proses penyerahan semua naskah di jurnal kesehatan STIKes Muhamamdiyah Ciamis mengikuti kebijakan sistem jurnal terbuka (Sistem Penerbitan)

Pengajuan ke jurnal kesehatan STIKes Muhamamdiyah Ciamis dilakukan secara online di https://ojs.stikesmucis.ac.id/index.php/jurkes , pengguna perlu mendaftar ketika mengakses sistem unruk pertama kalinya. Petunjuk dan bantuan rinci tersedia secara online, jika anda mengalami kesulitan pengguna dapat menghubungi contact yang terdaftar di https://ojs.stikesmucis.ac.id/index.php/jurkes/contactus atau email ke jurnal.kesehatan.mucis@gmail.com Jurnal Kesehatan STIKes Muhammadiyah Caimas akan mengikuti naskah yang telah di ajukan dengan precast yang di posting di server, naskan akan di periksa oleh peer Reviwer, seketat naskah yang di posting di server pracetak. Sebelum mengirimkan pastikan format naskah anda telah sesuai dengan template.

Jenis Naskah 

- Artikel Penelitian / Penelitian Artikel

laporan penelitian yang menarik bagi komunitas ilmiah di bidang kesehatan akan di terbitkan sebagai artikel penelitian. Sebuah naskah telah menjadi hipotesis yang di jelaskan dengan baik, hasil yang terukur yang belum pernah di eksplorasi sebelumnya.

- Tinjauan 

Komunitas ilmiah dibidang kesehatan dapat melakukan tinjauan ulang. Tinjauan ini memuat tinjauan terkini tentang ilmu keperawatan, kebeidanan, farmasi dan analis kesehatan. Selain itu sebuah tinjauna diterbitkan sebagai pedoman bagi para instruktur di bidang kesehatan. Para penulis di anjurkan untuk menguraikan latar belakang dan sejarah tinjaun penelitian dan kutipan tinjauan yang telah di terbitkan sebelumnya. Pada umumnya, uraian dalam tinjauan memuat informasi terkini (beberapa taun terakhir).

Sebuah tinjaun dan komentar komprehensif akan di terbitkan sebagai " Tinjauan Kritis". Ulasan Kritis dimaksud untuk membahas literatur yang telah di terbitkan, itu idak di maksudkan untuk menyajikan ulasan baru, analisi ulang data atau  analisa lebih lanjut. jurnal STIKes MUhammadiyah Ciamis akan mereviwe tinjauan yang sesuai sebagai artikel penelitian. ulasan kritis dapat dimulai oleh kepala editor atau penulis. Untuk ulasan yang dimulai  oleh penulis, sebelum menulis tinjauan, para penulis menyarankan garis besar ulasan diserahkan kepada editor review, sehingga sesuai dengan jurnal Kesehatan STIKes Muhamamdiyah Ciamis. lingkup peninjauan dapat di tentukan sebelum penyerahan. Artikel ini umumnya terbatas hingga lima  halaman cetak.

Persiapan Naskah

Jurnal STIKes Muhammadiyah Ciamis : jurnal kesehatan dibatasi pada jumlah halaman yang dapat diterbitkan dan lamanya artikel ini akan dibahas dalam proses editorial. Sebuah naskah direkomendasikan tidak lebih dari 6000 kata (dari kata pengantar sampai pembahasan). Jumlah kata tidak mencakup judul, abstark, pengakuan, referensi, tabel. Penulis dianjurkan untuk menjelaskan dengan jelas dan ringkas. Naskah harus satu spasi tidak disarankan page break (file berkelanjutan). Naskah yang tidak sesuai dengan syarat boleh di kembalikan ke penulis. 

Naskah yang di serahakan berisi, judul, abstark, pendahuluan , metode, hasil pembahsan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka.

- Judul 

Judul disusun sebagai pernyataan deklaratif dan difokuskan pada hasil yang disajikan dalam naskah. tanda baca " titik koma (;)" tidak disarankan. Nama semua penulis tanpa gelar (nama depan , nama tengah, nama belakang) di jelaskan dengan jelas, dan alamat departemen dan institusi. Semua nama belakang penulis harus persis seperti yang seharusnya muncul di google scholar. Perhatikan baik-baik hal ini, khususnya bagi penulis yang memiliki nama yang mencakup tanda hubung dan awalan. Jurnal STIKes Muhammadiyah Ciamis tidak akan menggati file untuk memperbaiki nama penulis setelah diterbitkan.

- Abstrak 

Abstrak disiapkan dengan benar dan informatif untuk memudahkan proses review oleh editor jurnal. Latar belakang abstrak berisi hasil dan kesimpulan dari metode yang diuraikan dengan jelas dan ringkas. Latar belakang menjelaskan konteks penelitian, tujuan tepat, hipotesis tertentu yang akan diuji. Metode menggambarkan desain studi, identifikasi metode dan prosedur tertentu. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari penelitian yang terpenting, meliputi data utama dan analisis statistik. Kesimpulan utama berupa ringkasan hasil penelitian (hindari generalisasi). Di bawah abstrak, berikan dan identifikasi kata kunci atau frasa pendek, termasuk sekelompok mata pelajaran, yang akan meningkatkan kemampuan menemukan naskah, tidak boleh menggunakan kata sifat. Perlu diketahui bahwa pada saat pengiriman naskah, penulis akan diminta memberikan kata kunci untuk membantu editor dalam menentukan reviewer yang sesuai untuk naskah. Kata kunci untuk peninjau penelusuran adalah kata yang paling mendasar dalam naskah dan mungkin berbeda dari daftar kata kunci untuk publikasi.

- introduction / pendahuluan
Jelaskan dengan jelas latar belakang penelitian yang dilakukan dan tujuan spesifiknya, bukan merupakan tinjauan literatur secara menyeluruh. Sebutkan tujuan atau hipotesis khusus dari penelitian ini.

- Metode
Metode studi mendeskripsikan desain, bahan, dan peralatan studi, dengan nomor model atau katalog, jika diperlukan. Jelaskan kit, analisis, dan laboratorium komersial yang digunakan. Kutip referensi metode yang terdaftar jika memungkinkan dan berikan penjelasan singkat tentang modifikasinya/ jika dimodifikasi. Penelitian menggunakan manusia dan hewan sebagai objek. Laporan studi harus menyertakan pernyataan bahwa protokol tersebut telah disetujui oleh komite etika. Dokumen dapat diunggah sebagai pernyataan file tambahan. Objek seperti penelitian hewan diperlukan untuk menjelaskan bagaimana hewan tersebut dipindahkan, kontrol dan perlakuan kelompok atau probands percobaan hewan. Informasi tentang usia, berat badan, jenis kelamin, ras, dijelaskan untuk objek manusia, dan deskripsi jenis kelamin atau strain pada hewan percobaan, termasuk pemasok hewan percobaan. Metode ini juga menjelaskan uji statistik yang digunakan dan derajat probabilitas (p) menunjukkan di mana perbedaan dianggap signifikan. Jika data disajikan dalam teks, tunjukkan apa yang mereka wakili (yaitu, Mean  ± SEM). Tunjukkan apakah data diubah sebelum analisis. Tentukan program komputer statistik yang digunakan. Hasil analisis ditampilkan dalam tabel data dan gambar. Huruf dan simbol untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan, dan catatan kaki tabel dan gambar. Berikan variabilitas statistik sesuai dengan varians kesalahan yang diperkirakan (SD atau SEM) dari rata-rata kelompok. Standar metodoligi ANOVA mengasumsikan varians yang homogen. Jika varian kesalahan diuji dan ditemukan heterogen, ubah data sebelum ANOVA, atau gunakan uji nonparametrik. Untuk pembahasan tentang perhitungan variabilitas dan prosedur kurva lengkung. Jika nilai P yang dilaporkan tidak signifikan, gunakan hanya 2 digit setelah desimal (misalnya, P = 0,15). Sajikan nilai P signifikan hingga maksimal 4 tempat desimal (misalnya, P <0,0001); Tidak berguna bisa diterima. Koefisien sekarang menjadi maksimum 2 desimal (misalnya R = 0.87, R2 = 0.16, ff.).

- Hasil
Hasil dideskripsikan tanpa mengulang metodologi, pendahuluan, atau isi diskusi. Duplikasi data dari tabel atau gambar dalam teks dihindari.
Hasil menggunakan satuan, perlu satuan metrik (misalnya, meter, kilogram, dan L untuk tinggi, berat, dan volume), seperti Celsius (C). Untuk pelaporan data, penggunaan unit SI (le System Internationale d'Unites) (17) lebih disukai (yaitu, Mmol / L, g / L), tetapi tidak wajib. Satuan konvensional seperti mg / dL mg / mL dapat diterima, menggunakan L, bukan l, untuk satu liter. Gunakan satuan untuk analit / senyawa secara sama konsisten di seluruh manuskrip. Secara naluriah menempatkan unit pengganti dalam teks atau memberikan faktor konversi dalam catatan kaki di tabel atau gambar legenda yang dapat diterima. Unit tidak boleh berbentuk jamak (yaitu, Wk dan bukan wks) atau diikuti dengan titik.

Sedangkan angka yang disajikan ke suatu variabel harus benar dan konsisten. Gunakan tidak lebih dari tiga angka penting (kurang, jika sesuai) atau justifikasi untuk akurasi yang lebih tinggi.

abel atau gambar, yang diadaptasi atau dikutip dari sumber lain harus menyertakan sumber tersebut dalam catatan kaki dalam tabel atau gambar legenda. Setiap tabel harus memiliki judul yang jelas namun ringkas. Informasi tentang metode atau penjelasan materi dapat dimasukkan dalam catatan kaki ke tabel, tetapi pengulangan metodologi harus diminimalkan. Tunjukkan dengan jelas unit ukuran setelah variabel dalam baris, di atas nilai pertama di setiap kolom, atau di tengah semua kolom unit jika ada. Statistik menunjukkan variabilitas (mis., SD, SEM gabungan) dan signifikansi perbedaan antara data. Hilangkan aturan horizontal dan vertikal internal sebelum mengirimkan tabel Anda.

- Pembahasan
Pembahasan tersebut menjelaskan pentingnya temuan, literatur yang terkait dengan meletakkan ke dalam konteks. Penjelasan pembahasan harus jelas dan ringkas.

- Kesimpulan dan saran
Kesimpulan utama adalah hasil penelitian (menghindari generalisasi), mengacu pada uraian dalam pembahasan, dan menjawab tujuan penelitian. Kesimpulan dijabarkan dalam bentuk poin atau naratif, logis dan tepat.

- Pengakauan (JIKA DIPERLUKAN)
Bantuan dan saran teknis dapat dijelaskan di akhir teks. Kemudian nama-nama individu yang termasuk dalam bagian ini, penulis bertanggung jawab atas persetujuan tertulis setiap orang yang berkomunikasi secara pribadi atau dikenali oleh individu dalam teks tersebut.

-REFERENSI
Referensi ditulis sesuai dengan aturan APA, referensi ditulis sesuai urutan abjad. Nomor referral minimal 50% diambil dari jurnal. Tahun terbit referensi 80% minimal 10 tahun terakhir. Hindari rujukan dalam bentuk komunikasi pribadi (personal communication).
Gunakan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote untuk manajemen dan pemformatan referensi, dan pilih gaya APA (American Psychology Association). 

Contoh

(a)  Contoh penulisan jurnal

Mukhlis, H. (2016). Pelatihan Kebersyukuran; Sebuah Upaya untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 09 - 18. doi:

Hardono, H., Arinta, A., & Rihiantoro, T. (2016). Peningkatan Kadar Albumin Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 61 - 68. Diunduh dari:

Keman, S. (2005). Kesehatan perumahan dan lingkungan pemukiman. Jurnal Kesehatan Lingkungan2(1). Diunduh dari:

(b)  Contoh penulisan artikel majalah 

Clay, R. (2008, June). Science vs. ideology: Psychologists fight back about the misuse of research. Monitor on Psychology, 39(6). Diunduh dari: http://www.apa.org/monitor/ tanggal 10 Agustus 2012.

Fryar C.D., Carroll M.D., Ogden C.L. (2014). Prevalence of Overweight and Obesity among Children and Adolescents: United States, 1963-1965 through 2011-2012. [(accessed on 6 April 2016)] Tersedia online: http://www.cdc.gov/nchs/data/hestat/obesity_child_11_12/obesity_child_11_12.htm.

(c)  Contoh penulisan artikel surat kabar

Six sites meet for comprehensive anti-gang initiative conference. (2006, November/December). OJJDP News a Glance. Diunduh dari:  http://www.ncjrs.gov/htmllojjdp/news_acglance/216684/topstory.html tanggal 10 Agustus 2012

(d)  Contoh penulisan buku

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diunduh dari : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=7286733176687251572

Gibney, M. J., Vorster, H. H., & Kok, F. J. (Eds.). (2002). Introduction to human nutrition (pp. 100-113). Oxford: Blackwell Science. Diunduh dari : https://scholar.google.co.id/scholar?q=Gibney,+M.+J.+(2009).+Introduction+to+Human+Nutrition.&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B., . . . Smith, P. (2005). How far is far?. London, England: McMillan.

(e)  Contoh penulisan buku dengan editor

Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley. Diunduh dari : https://psycnet.apa.org/record/1999-02135-007

(f)  Contoh Penulisan dokumen yang dapat diunduh

WHO. (2013). Research for universal health coverage: World health report 2013. Retrieve from: http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/85761/2/9789240690837_eng.pdf?ua=1

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018. RDiunduh dari : www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

(g)  Prosiding

Keyt, J. C., & Cangelosi, J. D. (2015). The Relative Importance of Various Factors in the Selection of Privately Funded Long Term Health Care Facilities. In J. M. Hawes (Ed.), Proceedings of the 1989 Academy of Marketing Science (AMS) Annual Conference (pp. 542-545). Diunduh dari: https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-319-17055-8

SEBELUM PENGIRIMAN

1. Naskah yang diterima ditulis dalam standar Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.
2. Panjang naskah kurang lebih 15 halaman (atau kurang lebih 7000 kata), ditulis dengan format Times New Roman 12, format kertas A4, margin: top 3; tersisa 3; kanan 2; bawah 2, dua kolom (kecuali untuk abstrak, gambar atau tabel yang ukurannya tidak dapat diperkecil karena keterbacaannya), rata, spasi tunggal.
3. Naskah terdiri dari lima judul utama: Pendahuluan (Introduction); Metode (Method); Hasil dan Pembahasan (Findings and Discussion); Simpulan (Conclusions); Daftar Pustaka (References).
4. Nama penulis ditulis di bawah judul, diikuti dengan afiliasi penulis (nama afiliasi, alamat, kode pos, dan negara) dan alamat e-mail.
5. Abstrak ditulis dalam dua bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau hanya dalam Bahasa Inggris jika teks lengkap ditulis dalam Bahasa Inggris, sebagai representasi dari naskah. Abstrak tidak boleh melebihi 200 kata untuk setiap format bahasa, ditulis secara naratif yang memuat maksud / tujuan, metode, dan temuan penelitian / artikel, dalam satu paragraf.
6. Kata kunci: kata atau frase yang penting, spesifik, atau mewakili artikel.
7. Gaya APA digunakan sebagai acuan dalam format sitasi, referensi, dan tulisan.
8. Gunakan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote untuk manajemen dan pemformatan referensi, dan pilih gaya APA (American Psychology Association). Lihat https://www.apa.org/pubs/journals/releases/amp-amp0000191.pdf?_ga=2.247663873.720597782.1556090951-68819641.1556090951 and https://www.apa.org/pubs/journals/releases/amp-amp0000263.pdf?_ga=2.247663873.720597782.1556090951-68819641.1556090951 and https://www.apastyle.org/manual/related/apa-jars-2008.pdf
9. Naskah harus ditulis sesuai TEMPLATE.
10. Naskah harus dalam Microsoft Word (.doc / .docx atau .rtf), dan dikirim ke sistem jurnal melalui pengiriman online dengan membuat akun di Open Journal System [klik DAFTAR jika Anda belum memiliki akun, atau klik LOGIN jika Anda sudah punya akun].
11. Semua nama dan identitas Penulis harus disertakan secara lengkap dalam formulir yang diisi oleh penulis terkait: email; afiliasi; ID ORCID; dan Pernyataan Bio (biografi singkat penulis berkaitan dengan rekam jejak penelitian seperti link profil akun google scholar, SINTA ID, SCOPUS ID, dll). [jika manuskrip ditulis oleh dua atau lebih penulis, silakan klik 'Tambah Penulis' pada langkah ke-3 dari 'MASUKKAN METADATA' dalam proses pengiriman, lalu masukkan data masing-masing penulis.]
12. Semua korespondensi, informasi, dan keputusan untuk naskah yang diserahkan dilakukan melalui email yang tertulis di dalam naskah dan / atau email yang digunakan untuk penyerahan. Status manuskrip dapat diperiksa di OJS dengan masuk ke jurnal.

DAFTAR PERIKSA PERSIAPAN PENGIRIMAN

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diharuskan untuk memeriksa kepatuhan pengiriman mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.
1. Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diharuskan untuk memeriksa kepatuhan pengiriman mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.
2. Pengajuan belum diterbitkan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
3. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. Sesuai dengan standar template jurnal Kesehatan Stikes Muhammadiyah Ciamis, dan teks mengikuti persyaratan stilistika dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang terdapat di Tentang Jurnal.
4. Jika mengirimkan ke bagian peer- reviewer jurnal yang ditinjau sejawat, petunjuk dalam Ensuring a Blind Review harus diikuti. Memastikan Peninjauan Buta telah diikuti.
5. Abstrak memiliki maksimal 250 KATA; Tidak ada kutipan; Sebutkan secara abstrak tujuan utama, desain penelitian, metodologi, luaran dan hasil utama, dan kesimpulan.
6. Referensi mengharapkan minimal 30 referensi terutama dengan minimal 60% untuk makalah jurnal. Ini menggunakan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote untuk manajemen referensi dan pemformatan, dan telah memilih gaya APA (American Psychological Association). Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
7. Panjang kertas yang dikirimkan tidak lebih dari 15 halaman.
8. Saya menyatakan bahwa kiriman tersebut tidak memiliki potensi konflik kepentingan.
9. Dengan ini saya menyatakan bahwa manuskrip ini tidak memiliki materi plagiat.
10. Dengan mengisi dan menandatangani surat pernyataan, dengan ini saya menyatakan bahwa penyerahan ini adalah karya saya sendiri.

Pemberitahuan Hak Cipta
Hak Cipta dan Perjanjian Lisensi
Dalam penyerahan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
• Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk membuat pengaturan ini.
• Karya yang dideskripsikan belum pernah dipublikasikan secara formal sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, review, tesis, atau overlay journal yang diterbitkan. Harap baca juga dengan cermat Jurnal Stikes Muhammadiyah Ciamis dalam Kebijakan Memposting Artikel Anda di sini
• Itu tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
• Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan otoritas yang bertanggung jawab secara diam-diam atau eksplisit dari lembaga tempat pekerjaan tersebut dilakukan.
• Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain
• mereka setuju dengan lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.

Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan Jurnal Stikes Muhammadiyah Ciamis : Jurnal Kesehatan setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.

Perizinan untuk Publikasi Data
Jurnal Indonesia Berdaya menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang dirancang khusus untuk dan sesuai untuk pengolahan data:

Lisensi penerbitan data lainnya mungkin diperbolehkan sebagai pengecualian (dengan persetujuan editor atas dasar kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan diterbitkan bersama artikel tersebut.

Journal of Indonesia Berdaya dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pernyataan Privasi 

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.