RELATIONSHIP BETWEEN FAMILY ENVIRONMENT WITH SOCIALIZATION AND INDEPENDENCE DEVELOPMENT OF PRESCHOOL CHILDREN AT ABA (AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) KINDERGARTEN OF LINGGASARI CIAMIS IN 2018

Authors

  • nur irmayanti STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • aap apipudin STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • ima sukmawati STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.52221/jurkes.v6i2.84

Keywords:

Family Environment, Socialization and Independence Development, Preschooler (3-6Years)

Abstract

Latar Belakang: Aspek perkembangan anak pada masa prasekolah merupakan aspek penting yang perlu dioptimalkan terutama perkembangan sosialisasi dan kemandirian. Perkembangan sosialisasi dan kemandirian anak prasekolah dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya lingkungan keluarga, orangtua dalam menerapkan lingkungan keluarga akan menjadi role model bagi seorang anak dalam membentuk perilakunya.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dengan perkembangan sosialisasi dan kemandirian anak prasekolah di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2018.
Metode Penelitian: Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode observasi korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional yang menggunakan tehnik total sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh orangtua yang mempunyai anak prasekolah usia 3-6 tahun di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2018. Dengan jumlah sampel sebanyak 37 responden. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 Mei – 31 Mei 2018. Instrumen penelitian ini yaitu kuisioner yang diolah uji pearson chi-square menggunakan SPSS.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil uji statistik Pearson Chi-Square, hubungan antara lingkungan keluarga dengan perkembangan sosialisasi dan kemandirian anak prasekolah di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2018 diperoleh nilai p-value = 0,014.
Kesimpulan: Lingkungan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan sosialisasi dan kemandirian anak prasekolah (p value< 0,05).

Published

2020-12-04

How to Cite

irmayanti, nur, apipudin, aap, & sukmawati, ima . (2020). RELATIONSHIP BETWEEN FAMILY ENVIRONMENT WITH SOCIALIZATION AND INDEPENDENCE DEVELOPMENT OF PRESCHOOL CHILDREN AT ABA (AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) KINDERGARTEN OF LINGGASARI CIAMIS IN 2018. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 6(2), 52–63. https://doi.org/10.52221/jurkes.v6i2.84

Most read articles by the same author(s)