PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TOODLER

Abstract

Usia toddler adalah periode penting karena pertumbuhan otak telah mencapai 80 % ukuran otak orang dewasa. Perkembangan bahasa merupakan indikator dari seluruh gangguan perkembangan salah satu penyebabnya yaitu  kurangnya stimulasi. Pemberian stimulasi harus didasari dengan pengetahuan karena akan berpengaruh terhadap kemampuan perkembangan bahasa yang sesuai dengan usianya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan bahasa anak usia toodler di Desa Sukamaju kecamatan Baregebeg. Metode menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional, jumlah populasi 167 responden ibu dengan anak usia toodler dan  cara pengambilan sampel proposional random sampling sebanyak 63 responden. Hasil Penelitian didapatkan pengetahuan  tertinggi kategori cukup sebanyak 50,8%, pengetahuan kurang sebanyak 33,3% dan terendah kategori baik sebanyak 15,9%. Perkembangan bahasa tertinggi kategori sesuai sebanyak 58,7% sedangkan perkembangan bahasa kategori tidak sesuai sebanyak 41,3%. Kesimpulan : Terdapat hubungan yan signifikan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan bahasa anak usia toodler di Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg dengan hasil statistik p-value 0,000.

https://doi.org/10.52221/jurkes.v7i2.73
pdf (Bahasa Indonesia)